Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) untuk Industri Rumah Tangga Pangan Se-Kab. Pelalawan Tahun 2021

Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) untuk Industri Rumah Tangga Pangan Se-Kab. Pelalawan Tahun 2021

Pangkalan Kerinci (diskes.pelalawankab.go.id) – Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) merupakan salah satu aset pemerintah yang banyak memberikan sumbangan perekonomian bagi Indonesia, IRTP mampu menyerap banyak tenaga kerja, disaat krisis mampu bertahan dengan sangat baik. Umumnya IRTP masih menggunakan peralatan sederhana sampai semi otomatis dalam mengolah produksi makanannya dan dioperasionalkan oleh tenaga kerja yang kurang mengetahui masalah kemanan pangan.

Masalah yang sering ditemui pada produk IRTP antara lain terjadinya kontaminasi silang, penggunaan bahan tambahan kimiawi yang salah, melebihi dosis yang diperbolehkan, dan kontaminasi dari lingkungan. Masalah ini muncul dikarenakan praktek-praktek CPPB-IRT (Cara Produksi Pangan yang baik untuk Industri Rumah Tangga) belum dilaksanakan secara menyeluruh.

Bertempat di Aula Kantor Dinas, Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan melaksanakan  Penyuluhan Kemanan Pangan Untuk Rumah Tangga Pangan Se-Kabupaten Pelalawan bagi pelaku IRTP, penyuluhan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 30 Agustus s.d 31 Agustus 2021 dengan narasumber Iga Natari panca, S.Si, Apt dan Syahriani dari BPOM Pekanbaru, drg. Aznar. MPH, Rohmat Budiyanta, SKM, dan T. Emelia Ulfa, SKM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan.

Penyuluhan PKP dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Pelalawan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Prima Merdekawati, S.Kep, MKM

Dalam pidato sambutannya Sekretaris Dinas Kesehatan Prima Merdekawati, S.Kep, MKM menghimbau dan berharap dengan penyuluhan ini Pelaku IRTP meningkatkan keamanan pangan  dan mampu memproduksi pangan yang baik dan berkualitas yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. (rls/ronal)

Tweet Share Share
BERITA TERKAIT